Sebelum Memesan Nasi Kotak untuk Hajatan

nasi-kotakKarena beberapa alasan, sejumlah orang yang mempunyai hajatan memilih untuk tidak memasak sendiri tapi memesan nasi kotak yang bisa memungkinkan tamu mereka untuk membawa pulang makanan mereka. Ini adalah salah satu cara untuk menghemat energi dan waktu sehingga panitia acara tidak perlu repot lagi karena mereka tinggal mempersiapkan nasi kotak dan membagikannya kepada para tamu undangan. Meskipun terbilang mudah, sejumlah hajatan berakhir dengan kekecewaan dari beberapa tamu undangan karena mereka tidak mendapatkan nasi kotak atau ada masalah dengan menu makanan yang tersedia. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin mengadakan hajatan dan memesan nasi kotak, pastikan untuk melakukan hal ini sebelumnya:

Perkirakan jumlah tamu yang akan hadir

Hal ini bukan lah hal yang sulit karena Anda tinggal memperkirakan jumlah tamu dari buku catatan undangan yang sudah ada. Bila memang Anda kesulitan untuk memperkirakannya, tanyakan kepada bagian panitia undangan dan ketua RT tentang jumlah undangan yang sudah disebarkan dan jumlah warga di tempat tinggal Anda. Dengan demikian, Anda bisa tahu berapa perkiraan jumlah tamu nantinya. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda bisa memesan nasi kotak sesuai jumlah perkiraan tamu. Ingat untuk melebihkan pesanan guna mengantisifasi jumlah tamu yang hadir di luar perkiraan. Sebagai contoh, bila Anda mengundang 100 orang tamu untuk hadir di acara peresmian toko baru di siang hari, Anda bisa memesan minimal 120 lunch box Jakarta. Bila memang ada sisanya, Anda bisa memberikannya kepada panitia atau kerabat dekat.

Temukan penyedia nasi kotak yang bermutu

Seperti yang Anda ketahui bahwa ada banyak sekali penyedia nasi kotak atau catering di luar sana. Mereka siap membantu orang-orang yang ingin hajatan dengan menyediakan menu-menu menarik dan menggugah selera. Tugas Anda adalah menemukan penyedia yang tepat dan bermutu pastinya. Sangat disarankan untuk memilih penyedia catering sehat yang menyediakan menu-menu higienis dan sehat serta cocok dengan lidah orang Indonesia. Bila Anda menemukan beberapa penyedia yang layak untuk dipercaya, coba cari tahu dulu reputasi dan testimoni dari para pelanggan mereka karena bisa saja beberapa orang yang sudah menggunakan jasa mereka kecewa karena menu makanan yang tidak sesuai pesanan, rasa makanan yang tidak sehat, makanan yang terlihat aneh, dan lain sebagainya. Sangat disarankan juga untuk membandingkan layanan yang mereka berikan saat pertama kali Anda bertemu mereka dan bertanya-tanya soal nasi kotak yang mereka tawarkan. Jika mereka menjawab pertanyaan Anda dengan jutek atau tidak sopan, sebaiknya tidak memilih mereka kecuali Anda ingin kecewa.

Pilih menu yang tepat

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah memilih menu yang tepat. Ini berarti bahwa menu harus disesuaikan dengan tamu undangan. Maksudnya seperti ini, bila tamu yang diundangan semuanya adalah orang-orang muslim, tentu menu makanan yang harus dipesan adalah menu makanan halal. Di samping itu, Anda juga harus memilih menu-menu yang tidak asing untuk mereka, seperti ayam gulai, sambal tempe, ikan bakar, soto, cah kangkung, dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda memesan menu yang terlihat aneh untuk tamu undangan, apalagi jika rasanya baru di lidah, tentu menu tersebut akan menjadi bahan perbincangan. Memang ini merupakan hal yang sepele dan tidak begitu penting tapi bukan kah akan jauh lebih baik jika melihat para tamu undangan bisa menikmati semua menu makanan yang dihidangkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *